Menu Close

Ketahuilah 5 Bacaan Sholawat Nabi Beserta Pengertian dan Manfaatnya

7 Macam Bacaan Sholawat Nabi Muhammad dan Keutamaannya | Indozone.id
source gambar : indozone.id

            Sebagai umat Islam, Anda pasti sudah tahu bahwa kita dianjurkan untuk membaca sholat Nabi setiap hari dan sholawat yang diucapkan di waktu tertentu. Sholawat secara umum dimaknai sebagai doa yang memiliki rahmat kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, sholawat juga sebagai salah satu bukti cinta yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Jika Anda ingin mengetahui tentang bacaan sholawat Nabi lebih lanjut, Anda bisa simak ulasan ini hingga selesai, ya!

  • Bacaan Shalawat Nabi dengan Fi’il madhi

Berikut ini terdapat bacaan shalawat Nabi dengan Fi’il Madhi yang perlu Anda ketahui, antara lain:

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā ālihī wa shahbihī wa sallama

  • Bacaan Shalawat Nabi dengan Fi’il amr

Selanjutnya terdapat bacaan sholawat Nabi dengan Fi’il amr yang perlu diketahui oleh umat Islam, yaitu:

اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā ālihī wa shahbihī

  • Sholawat Syifa

Setelah sholawat Nabi yang cukup singkat, terdapat sholawat Syifa yang cukup panjang yang perlu Anda hafalkan. Ternyata arti kta Syifa dalam bahasa Arab berarti obat, jadi sholawat ini dapat memberikan ketenangan batin hingga menyembuhkan penyakit hati dalam diri Anda.

Perhatikan bacaan sholawat Syifa di bawah ini:

“Allahumma shalli ‘ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-iha wa’afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshari wa dhiya-iha wa ‘ala alihi washahbihi wa bariik wa sallim.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, sebagai dokter hati dan menjadi obatnya. Obat untuk badan dan penyembuhnya, cahaya segala penglihatan dan menjadi sinarnya. Semoga keberkahan dan keselamatan dicurahkan pada keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

  • Sholawat Nariyah

Bagi Anda yang ingin terhindar dari kesulitan dan mengharapkan kesejahteraan, Anda bisa membaca sholawat Nariyah. Berikut ini terdapat bacaan sholawat Nariyah dalam bahasa Arab dan latinnya beserta dengan artinya, yaitu:

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

“Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

  • Sholawat Ibrahimiyah

Anda bisa membaca sholawat Ibrahimiyah yang dapat Anda panjatkan ke Allah untuk Nabi Ibrahim AS dan Nabi Muhammad SAW. Berikut ini terdapat bacaan sholawat Ibrahimiyah dan artinya, yaitu:

“Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid”

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung.”

  • Manfaat Membaca Sholawat Nabi
  • Mendapatkan pertolongan dari Allah SWT
  • Mendapatkan pahala sebanyak 10 kali lipat
  • Ampunan yang dimohonkan oleh para malaikat

Demikian ulasan mengenai bacaan sholawat Nabi yang bermanfaat untuk diucapkan setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *