Menu Close

Kupas Tuntas 5 Fakta Unik Tentang Pisang Cavendish

Salah satu platform ecommerce yang menyediakan komoditas ekspor favorite pisang cavendish yaitu TaniHub. Selain mempunyai manfaat yang unggul, tentunya jenis pisang ini mempunyai berbagai fakta-fakta unik, Mau tahu apa saja fakta unik tersebut? Simak ulasan berikut.

  1. Produk Ekspor yang Melejit

Terdapat banyak sekali jenis pisang yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, salah satu jenis pisang yang menjadi favorit di berbagai kalangan yaitu jenis pisang cavendish atau biasa disebut dengan pisang ambon putih. Bahkan pisang ini tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, namun juga menjadi salah satu buah terfavorit di berbagai negara. 

Akhir-akhir ini pisang ambon putih merupakan salah satu produk ekspor yang melejit di pasaran Internasional. Jenis pisang ini merupakan salah satu produk hasil pertanian Indonesia yang mempunyai permintaan ekspor terbesar. Selain itu, pisang ambon putih biasanya dikembangkan dengan menggunakan metode kultur jaringan. 

Tanaman hortikultura ini berasal dari komoditas daerah dengan iklim tropis. Oleh karena itu sebagai negara tropis, tentunya Indonesia mempunyai peluang yang besar untuk bisa mengembangkan jenis pisang ini. 

  1. Meningkatkan Pendapatan Negara

Fakta unik yang kedua dari jenis pisang ambon putih ini yaitu dapat meningkatkan pendapatan negara. Karena Indonesia mempunyai peluang yang sangat besar untuk mengembangkan pisang ini, tentunya dapat meraup keuntungan dalam mengembangkannya. Selain itu, permintaan dari pisang ini juga sangat besar di pasaran Internasional. Sehingga dapat menambah devisa negara dari kegiatan ekspor tersebut. 

  1. Dikembangkan di Salah Satu Kota Provinsi Jawa Timur

Karena potensi yang dimiliki jenis pisang ini sangatlah menjanjikan, maka pemerintah mencoba untuk mengembangkannya. Tentunya dalam pemilihan tempat untuk mengembangkan pisang ini tidaklah sembarangan. Oleh karena itu, pemerintah pun memilih Kota Banyuwangi sebagai daerah yang tepat untuk mengembangkan pisang tersebut. 

Pemilihan Kota Banyuwangi ini juga tidak mempertimbangkan banyak sebab. Hal ini dikarenakan Banyuwangi merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang mempunyai kualitas tanah yang mendukung pisang ini untuk berkembang dengan baik. Bahkan memang kota ini sudah terkenal akan potensi pertaniannya yang unggul.

Langkah pertama yang dilakukan pemerintah dalam mengembangkan pisang ini yaitu dengan mengoptimalkan lahan. Hal ini dilakukan pemerintah untuk meningkatkan produktivitas pada lahan. Selain itu pemerintah juga akan memberikan berbagai fasilitas kepada para petani dalam program mengoptimalisasi lahan.

  1. Kaya Akan Kandungan Vitamin

Fakta unik lainnya yang dimiliki jenis pisang ini yaitu kandungan vitamin yang dimiliki. Selain rasa yang enak, jenis pisang ini ternyata mempunyai berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan. 

Beberapa kandungan vitamin yang banyak dimiliki yaitu vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, vitamin B6 dan masih banyak lagi. Banyak orang yang mempercayai bahwa dengan mengkonsumsi pisang jenis ini bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit dalam. Selain itu juga dapat meminimalisir penularan penyakit sehingga  membuat kondisi tubuh menjadi lebih terjaga. 

  1. Pisang dengan Rasa yang Pas

Di negara Amerika pisang ini menjadi salah satu jenis pisang yang sangat popular. Hal ini dikarenakan rasa yang dimiliki sangat pas dibandingkan dengan jenis buah yang lainnya. Dengan tekstur daging yang dimiliki cukup padat dan juga sangat lembut. Selain itu rasa unik yang dimiliki pisang ini yaitu mempunyai sedikit rasa asam. Hal ini yang membuat pisang cavendish mempunyai rasa segar dan ringan saat disantap. 

Itulah beberapa fakta unik mengenai pisang cavendish yang perlu untuk Anda ketahui. Untuk bisa mendapatkan jenis pisang ini dengan mudah. Anda bisa memesannya melalui platform ecommerce terbaik yaitu TaniHub. TaniHub merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan berbagai jenis sayur dan buah-buahan segar dengan kualitas yang unggul tentunya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *