Menu Close

Bunda Harus Tahu! Inilah Beragam Jenis Makanan Yang Terlarang Bagi Ibu Menyusui

20 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Bisa Berbahaya | Orami

Saat hamil, biasanya ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa kita konsumsi karena akan berdampak buruk pada kondisi janin dalam kandungan. Namun setelah melahirkan, bukan berarti juga bahwa bunda bisa mengonsumsi makanan secara bebas lho. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang bisa mempengaruhi kualitas produksi ASI. Ya, terlebih bagi bunda yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan-makanan tertentu. Lantas, jenis makanan seperti apa sajakah yang terlarang bagi ibu menyusui? Nah, biar bunda gak penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini seperti yang dikutip dari berita terkini

1. Kafein

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kafein terlalu banyak itu bisa menimbulkan rasa cemas yang berlebihan. Bukan hanya itu, konsumsi kafein dalam jumlah banyak juga dapat mengganggu pola tidur si kecil, hingga perubahan mood menjadi tidak stabil (cranky). Bahkan yang lebih gawatnya lagi, konsumsi kafein secara berlebihan bisa menurunkan kadar zat besi dalam ASI, serta menurunkan kadar hemoglobin pada bayi. Adapun mengenai beragam jenis minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman kaleng. Jika bunda ingin meminum minuman kafein tersebut, sebaiknya jangan terlalu banyak (maksimal 2 – 3 gelas per hari).

2. Cokelat

Siapa sih orang di dunia ini yang bisa menahan godaan dari makanan yang satu ini? Dibalik rasanya yang lezat dan manis, ternyata cokelat mengandung zat theobromine yang sifatnya hampir sama dengan kafein lho. Apabila bunda terlalu banyak makan cokelat, tentunya akan mempengaruhi kualitas produksi ASI dan membuat si kecil menjadi mudah rewel. Dalam hal ini, bunda hanya diperbolehkan makan cokelat sebanyak 750 mg per harinya. 

3. Buah Yang Memiliki Rasa Asam

Pada dasarnya, buah yang memiliki rasa asam itu kaya akan kandungan vitamin C. Tapi, zat asam tersebutlah yang dapat mempengaruhi kualitas ASI sehingga kurang bagus untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Apabila si kecil mengonsumsi ASI yang terkontaminasi dengan zat asam, maka ia akan mengalami beragam masalah seperti rwel, ruam popok, meludah, dan lain sebagainya. Vitamin C itu sendiri tidak hanya ada pada buah-buahan yang rasanya asam saja, melainkan juga bisa bunda dapatkan pada buah pisang, apel, buah pepaya, dan sayuran hijau. 

4. Minuman Beralkohol

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa jenis minuman yang satu ini sama sekali tidak bersahabat untuk kesehatan tubuh. Begitu pun pada ibu menyusui, dimana minuman beralkohol bisa menurunkan kualitas ASI sehingga akan menghambat perkembangan otak anak. Tak hanya itu saja, konsumsi minuman berlakohol juga akan merusak kesehatan organ ginjal dan hati lho!

5. Sushi

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sushi merupakan saah satu makanan khas Jepang yang cukup disukai oleh masyarakat Indonesia. Namun, sushi ini terbuat dari daging ikan mentah yang tentu saja sangat tidak bagus dikonsumsi oleh ibu hamil maupun menyusui. Mengapa demikian? Soalnya, daging ikan mentah tadi memiliki kandungan merkuri (limbah industry) yang cukup tinggi. 

6. Kacang-kacangan

Apakah bunda memiliki riwayat alergi terhadap kacang-kacangan? Jika iya, maka bunda harus menghindari jenis makanan yang satu ini. Soalnya, nutrisi pada kacangan-kacangan ini bisa masuk pada ASI yang nantinya akan dikonsumsi oleh si kecil. Jika hal itu terjadi, maka si kecil akan mengalami masalah gatal-gatal, ruam, hingga suara desis saat bernafas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *