Menu Close

Cara Membuat Bawang Goreng

5 Tips Menyimpan Bawang Goreng di Rumah Agar Tetap Awet, Gurih Banget!

Di Indonesia sendiri, banyak makanan yang ada bawang goreng sebagai pelengkapnya. Bawang goreng sendiri sudah menjadi salah satu penyedap yang wajib ada di berbagai jenis makanan Indonesia, seperti nasi uduk, soto ayam, sate ayam, dan masih banyak lagi. Makanan-makanan ini akan jauh lebih lezat dan gurih jika dilengkapi dengan bawang goreng. Bawang goreng sendiri terbuat dari bawang merah, yang sudah kita ketahui bawang merah itu adalah bumbu penyedap berbagai makanan.

Tahukah kamu, kalau bawang merah itu memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Bawang merah merupakan sumber karbohidrat, vitamin A, B, dan C. Selain itu, bawang merah juga memiliki kandungan protein dan zat besi di dalamnya yang baik untuk menambah nutrisi dalam tubuh.

Cara membuat bawang goreng ternyata mudah sekali lho. Selain membelinya di pasaran, kamu bisa membuat bawang goreng ini sendiri di rumah lho. Simak cara membuat bawang goreng di bawah ini yang bisa kamu coba di rumah ya.

1. Resep Bawang Goreng Renyah

Kunci yang harus kamu perhatikan untuk membuat bawang goreng yang renyah adalah bawang merah yang kamu pakai haruslah segar dan memiliki ukuran yang besar atau sedang. Selain itu, dalam proses mengiris bawang, sebaiknya kamu mengiris bawang dengan ukuran yang pas, artinya tidak terlalu tipis, tapi juga tidak terlalu tebal. Karena jika diiris terlalu tebal, bawang goreng yang dihasilkan akan menjadi terlalu lembek. Tips lainnya untuk membuat bawang goreng yang bertekstur renyah, kamu harus menambahkan tepung beras dengan bawang.

Bahan:

  • 250 gram bawang merah (sudah diiris)
  • 1 sdm tepung beras
  • 1/2 sdm garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Taburi bawang merah yang sudah diiris dengan sedikit garam kemudian remas-remas hingga garam merata dan meresap. Namun hati-hati dalam meremasnya jangan sampai membuat bawang menjadi hancur.
  2. Tahap selanjutnya adalah taburi bawang dengan tepung beras lalu aduk hingga merata.
  3. Panaskan minyak goreng di wajan, setelah minyak panas lalu masukkan bawang ke dalamnya. Goreng bawang dengan api yang sedang sambil diaduk lembut hingga matangnya merata.
  4. Setelah bawang berwarna kuning kecokelatan dan terlihat sudah tidak basah, itu artinya bawang sudah matang. Menggoreng bawang tidak perlu menunggu hingga berwarna cokelat karena nanti bawangnya bisa gosong.
  5. Setelag matang, tiriskan bawang dan siap dinikmati.

2. Resep Bawang Goreng Pedas

Makanan pedas memang sudah jadi kesukaannya orang Indonesia. Kamu juga bisa membuat bawang goreng versi pedasnya, namun tetap dengan bawang goreng yang teksturnya renyah.

Bahan bawang goreng:

  • 1/2 kg bawang merah (sudah diiris)
  • 2 sdm garam
  • 2 sdm tepung terigu
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu pedas:

  • 15 cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • 1 lembar daun jeruk
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1/2 sdt gula merah
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat bawang goreng:

  1. Bawang merah yang sudah diiris dibumbui dengan garam. Kemudian masukkan tepung terigu ke dalamnya lalu remas-remas hingga garam dan tepungnya tercampur merata.
  2. Panaskan minyak kemudian goreng bawang sambil diaduk lembut agar matangnya merata.
  3. Apabila warna bawang sudah kuning kecokelatan, angkat lalu tiriskan. Setelah bawang ditiriskan, simpan bawang di atas tisu agar tidak terlalu berminyak.

Cara membuat bumbu pedas:

  1. Setelah dicuci, bawang putih dan cabai diblender bersama dengan minyak sayur.
  2. Tumis bahan yang sudah diblender kemudian masukkan daun jeruk, garam, dan gula merah. Bumbui juga dengan bumbu penyedap rasa sesuai selera.
  3. Setelah harum dan agak matang, matikan kompor, lalu diamkan hingga bumbu pedas sdingin. Setelah dingin, campurkan bawang goreng ke dalamnya, aduk rata, kemudian diamkan. Siap dinikmati dan disimpan ke dalam stoples.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *